Minggu, 26 Februari 2012

Definisi Manajemen Aset


·          Definisi Manajemen adalah suatu proses pengelolaan sumber daya mulai dari sumber daya manusia, finansial, fisik, dan informasi  melalui POLC untuk mencapai tujuan yang efektif
 ·     Definisi Aset adalah suatu kekayaan yang berwujud ataupun tidak berwujud yang memiliki nilai ekonomis, komersial, dan nilai tukar dimiliki pribadi atau instansi untuk membantu tercapainya tujuan .
 
      Manajemen Aset didefinisikan menjadi sebuah proses pengelolaan aset (kekayaan) baik berwujud dan tidak berwujud yang memiliki nilai ekonomis,nilai komersial, dan nilai tukar, mampu mendorong tercapainya tujuan dari individu dan organisasi. Melalui proses manajemen planning, organizing, leading dan controling. bertujuan mendapat keuntungan dan mengurangi biaya (cost) secara effisien dan effektif.


    Dalam pengelolaan suatu kekayaan diperlukan ilmu manajemen yang khusus dan spesifik mengelola kekayaan (asset ) seperti yang kita ketahui banyak asset yang tidak maksimal dalam pemanfaatanya, disini sangat diperlukan kompentsi pengelola asset atau manager asset. untuk saat ini di indonesia pengelolaan aset physic masih belum di implementasikan dengan baik. bukan hanya perusahaan  tapi juga di pemerintahan, melihat potensi yang harus dikelola manajemen aset sangat spesifik mengatur dan mengelola kekayaan. sebagai contoh banyak aset milik daerah tidak secara maksimal memberikan profit atau benefit.

 

Klasifikasi Aset  
Menurut Bentuk :
- Berwujud
  kekayaan ril yang berbentuk (tanah, bangunan, kendaraan, logam mulia
- Tidak Berwujud
   termasuk aset tidak berbentuk secara fisik (hak cipta, hak paten, merek dagang)
 
Kepemilikan dan Pemanfaatan
- Aset Publik
  Aset yang dimiliki oleh negara digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan umum
- Aset Non Publik/Privat
   dimiliki oleh pribadi dan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi

Menurut Jenisnya

-Finansial
  aset ini berbentuk liquid (valas, deposito)
-Non Finansial  
 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More